Benarkah Meteor di Rusia Pecahan Asteroid yang Sedang Menuju Bumi?


Benarkah Meteor di Rusia Pecahan Asteroid yang Sedang Menuju Bumi


MOSKOW, KOMPAS.com - Banyak bertanya-tanya apakah meteor yang meledak di Rusia, Jumat adalah (2013/02/15) pagi bagian dari Asteroid 2.012 DA14 mendekati Bumi. Asteroid 2.012 DA14 dekat melewati Bumi pada hari Jumat malam atau awal Sabtu pagi.

Tak seorang pun di saat ini apakah seri atau hanya kebetulan datang hampir bersamaan aman.

Hasil analisis dari Badan Antariksa Eropa (ESA), akun Twitter resmi, mengatakan bahwa hasil analisis sementara, tidak ada hubungan antara meteor meledak dengan asteroid 2.012 DA14. Hal ini tidak dijelaskan secara rinci analisis bentuk.

Profesor Astronomi Tomnsk State University, Siberia, Rusia, bernama Tatiana Bordovitsina telah menyarankan kemungkinan adanya hubungan antara meteor dan asteroid. Dalam sebuah wawancara dengan RIA Novosti, katanya meteor itu mungkin sebuah fragmen asteroid, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi itu.

Dilansir Guardian, kata Profesor Ian Crawford dari Birkbeck University, London, Inggris, itu terlalu dini untuk menyimpulkan hubungan antara dua benda langit. Salah satu cara untuk mengkonfirmasi hal itu, kepadanya dengan menganalisis jejak meteor, rekaman video mendokumentasikan meteor memiliki saat-saat.

Jika orbit yang sama dari orbit asteroid, bisa itu, dua yang terkait. Tapi secara pribadi, ia memprediksikan meteor yang meledak tidak rusak asteroid 2.012 DA14.

Asteroid 2.012 DA14 dengan diameter sekitar 45 meter saat menuju Bumi dan terdekat dengan Bumi pada Jumat (15/02/2013) malam atau Sabtu pagi.

Fasilitas ini diharapkan dapat memakan waktu hingga 33 jam di sekitar Bumi dan Bulan sebelum kembali menjauh. Titik berikutnya di Bumi diperkirakan 27.600 km, atau lebih dekat daripada orbit satelit geosentris pada 36.000 mil.

NASA untuk memastikan bahwa trek, hanya mendekati asteroid dan tidak terkena permukaan. Jika Bumi, asteroid akan memukul sebesar terjadi ledakan dengan kekuatan 1.000 kali kekuatan bom atom di Hiroshima, Jepang dapat menyebabkan.

Meteor yang jatuh di Rusia kuantitas yang tidak diketahui. Namun, ledakan itu menyebabkan kerusakan di beberapa kota. Banyak potongan bangunan kaca melukai 400 orang. Sebuah produsen seng di Chelyabinks kota hancur oleh ledakan.

Sumber Artikel : Kompas.Com

Comments