10 Tips Alami Meredakan Rasa Nyeri Saat Haid

10 Tips Alami Meredakan Rasa Nyeri Saat Haid

Bukan hal yang tabu lagi dengan kaum wanita yang sering merasakan nyeri disaat datangnya haid. informasi yang satu ini saya rasa sangat menarik untuk kaum hawa agar bisa mengurangi bahkan meredakan rasa nyeri saat haid. Rasa nyeri yang dialami kaum hawa pada saat datangnya bulan ini diakibatkan dengan adanyan kontraksi rahim atau iskemia otot rahim serta lepasnya dinding rahim akibat adanya peningkatan prostaglandin dalam rahim kaum hawa. adapun rasa nyeri pada saat haid yang dialami wanita itu dikarenakan faktor psikis, hormonal bahkan kecemasan yang berlebihan.

Inforamsi yang saya dapat dari DokterGaul saya rasa sangat bermanfaat dikarenakan dalam sebulan kaum hawa akan mengalami masa Menstuansi atau Haid yang sering disebut datang bulan oleh kebanyakan orang. kebanyakan dari informasi yang saya dapat para wanita sering kali mengeluh disetiap datangnya haid dikarenakan rasa nyeri yang diderita terbilang memang sangat sakit. dengan kondisi yang demikian tidak sedikit bagi kaum hawa mencari dan mengosumsi obat-obatan agar rasa nyeri pada masa haid itu berkurang. Namun cara-cara tersebut tidak direkomendasikan terlebih dahulu dikarenakan obat-obatan yang banyak menganduk bahan-bahan kimia tersebut dapat mengganggu sistem metabolisme dalam tubuh. 

Nah dengan hal-hal yang demikian sebaiknya kaum hawa bisa mengurangi mengosumsi obat-obatan untuk mengurangi rasa nyeri, dan untuk mengurangi rasa nyeri berikut saya terangkan 10 Tips Alami Meredakan Rasa Nyeri Saat Haid :
  • Vitamin B1 dan B2


Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada University Of Massachusetts, wanita yang mengosumsi Vitamin B1 dan B2 secara rutin akan mengalami nyeri pada waktu haid lebih ringan. dari penelitian tersebut bukan hanya dengan mengosumsi Vitamin B 1 dan B 2 saja tidak cukup tapi juga harus diasupi dari bahan makanan. artinya harus ada beberapa pengaruh yang sinergis antara vitamin dengan nutrisi yang dikosumsi.

  • Biji-bijian Utuh


Menurut informasi yang saya dapat dari beberapa penelitian bahwa vitamin B 6 yang dapat ditemukan pada biji-bijian sangat bermanfaat untuk mengurangi gejala nyeri pada saat haid, dengan mengosumsi makanan berkabohidrat selama masa haid hal tersebut bisa mengurangi rasa nyeri pada saat haid. namun dengan demikian kaun hawa perlu juga memastikan bahwa ia memakan seluruh karbohidrat dalam bentuk biji-bijian karena karbohidrat yang berada dalam makanan olehan dapat membuat nyeri tersebut menjadi buruk. dikarenakan sumber makanan-makanan tersebut yang telah mengandung zat-zat kimia yang berbahaya bagi tubuh.

  • Kalsium dan Vitamin D


Kalsium dan juga vitamin D ini sangat membantu meringankan gejala nyeri pada saat haid jika dikosumsi sejak dini. Vitamin yang baik ialah vitamin yang kita dapat dari sumber makanan yang alami selin kandungan nutrisinya makanan tersebut juga bermanfaat untuk organ-organ tubuh yang lainnya. Kalsium dan vitamin D ada baiknya kita minum secara bersamaan karena hal tersebut akan sangat membantu dalam penyerapan kalsium ketubuh kita. Dalam kasus ini, mengosumsi suplemen untuk kebutuhan kita akan sangat membantu dan meringankan gejala depresi, kelelahan dan hilangnya nafsu makan.

  • Chaste Tree Berry


Chaste Tree Berry dalam sebuah penelitian yang dilansir British Medical journal sangat efektif untuk mengurangi rasa mudah marah, depresi, nyeri payudara, dan sakit kepala. bagi kaum wanita yang sedang mengosumsi beberapa obat untuk mengatasi gangguan hormon tidak diperkenankan untuk mengosumsi chaste tree berry dikarenakan berintereksinya dengan obat utama.

  • Magnesium


Magnesium telah lama dipelajari oleh para peneliti dalam hal mengurangi rasa nyeri pada saat datangnya haid. dengan hasil yang konsisten menunjukkan mangnesium sangat membbantu untuk meringankan gangguan suasana hati pada saat haid sperti depresi dan mudah tersinggung. untuk jumlah magnesium bervariasi bagi tiap-tiap individu yaitu dengan kisaran antara 200-360 mg dengan mengosumsi sebanyak 3 kali. bagi pasien yang mempunya penyakit ginjal dan jantung harus berkonsultasi terlebih dahulu kedokter sebelum mengosumsi magnesium karena dikhawatirkan akan menimbulkan komplikasi.

  • Evening Primrose Oil

Evening Primrose Oil ini terjadi beberapa kontroversial efeknya dalam menredakan rasa nyeri pada saat haid. secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa bahan-bahan ini mungkin saja efektif namun perlu diteliti oleh lanjut dari para peneliti.

  • Akupunktur

Cara yang satu ini telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional Cina. Menurut teknik kepercayaan pengobatan tradisional Cina ini, masalah kesehatan disebabkan karena adanya energi stagnan dalam tubuh manusia. Meskipun dengan sedikitnya bukti ilmiah mengenai cara kerja akupuntur. trik pengobatan tradisional ini menunjukkan bukti yang sangat mendukung keampuhan dalam pengobatan diatas.

  • Pijat

Dari hasil penelitian Touch Research Institue di University Of miami School, Pijat sangat efektif demi mengurangi rasa nyeri pada saat haid. trik pijat ini sangat efektif untuk mendorong sirkulasi getah bening dan juga mengurangi retensi cairan dalam tubuh untuk gejala depresi dan rasa sakit. bagi kaum wanita yang menjalani trik ini disarankan agar banyak minum air putih untuk membantu pembuangan kelebihan zt racun dan cairan dalam tubuh setelah pemijatan. karena teknik pemijatan ini merupakan teknik non-ivasif dan bebas kimia. dan dapat dipastikan sangat aman bagi semua orang.

  • Perubahan Pola Makan

Perubahan Pola Makan dapat juga membantu meringankan gejala fisik nyeri pada saat Haid. dengan mengurangi asupan garam dalam tubuh bisa membantu meringankan pembengkakan, nyeri payudara dan juga pusing-pusing. kurangi juga kafein untuk membantu gejala depresi, hindari alkohol agar tidak sakit kepala dak mual-mual. dengan meningkatkan asupan air akan membantu meringankan sakit kepala, pembengkakan dan juga nyeri otot.

  • Olahraga

Dengan berolahraga trik yang satu ini juga dapat membantu meringankan nyeri otot, terutma diperut bagian bawah dan daerah punggung serta membantu mengurangi retensi air. olahraga sangat berguna bagi mereka yang mengalami insomnia dalam masa siklus haid. karena olahraga merupakan pembangkit energi yang alami serta akan membantu juga dalam meringankan gejala kelelahan. namun dalam berolahraga pastikan agar tidak berlebihan, karena ditakuti beberapa gejala seperti pusing dan mual akan menjadi lebih buruk. 


Oce, begitulah  Tips Alami Meredakan Rasa Nyeri Saat Haid. sebaiknya kita lakukan menurut dengan asupan dan ketentuan - ketentuan sendiri yang cocok untuk tubuh kita. untuk lebih jelasnya sebaiknya seringlah berinteraksi dengan dokter dan minta petunjuk-petunjuk yang bagus. hidup sehat ialah hidup yang dijalani dengan yang alami bukan dengan mengosumis obat-obatan.

Oce sekian tipsnya, dan jangan lupa berkomentar untuk kemajuan dan dunia informasi kesehatan.

Sumber Artikel : DokterGaul

Comments