Ajaib! Lebah Hasilkan Madu Berwarna

Sungguh hal yang tak Lazim, , , Pernahkah anda melihat Warna Madu yang berwarna Biru, Hijau atau seperti kecoklat-coklatan?  Warna madu yang biasnya kita lihat hanya didunia dongeng ini kini benar-benar terjadi. Simak Liputannya.


Berita yang diliput oleh Situs National Geographic (11/10/12) memberitahukan  tentang peternak lebah di Timur Laut Negara Perancis mulai menemukan keanehan pada sarang lebah dipeternakan mereka.


Para peterrnak lebah menemukan beberapa sarang lebah yang mulai terisi madu dengan warna biru dan hijau.
Setelah melihat beberapa keanehan yang terjadi para peternak lebah dari negara perancis tersebut mulai melakukan beberapa penelitian dan penyidikan dan setelah mereka melakukan hal tersebut mereka menemukan akar dari permasalahan berubahnya warna-warna madu yang ada pada sarang lebah tersebut.

Beralih dengan mengumpulkan nektar dari bunga yang biasanya dimakan oleh lebah-lebah tersebut. lebah lokal tersebut malah memakan makanan dari sisa cangkang/kerak permen M&M berwarna yang tengah diproduksi oleh pabrik sampah pengelolah biogas.


Dengan mengetahui berpalingnnya lebah-lebah kepabrik tersebut , pihak pabrik akhirnya segera membarsihkan setiap pintu masuk penampungan yang tidak tertutup dimana limbah permen M&M ditampung.
Selain untuk menghindarkan terjadinya kasus yang sama, penyimpanan limbah permen M&M akan direlokasikan ditempat ruangan yang lebih tertutup. karena permasalahan perubahan warna pada madu merupakan sebuah berita buruk bagi peternak lokal diperancis.

Dinegara Perancis madu dengan warna aneh tidak dapat dijual, karena negara tersebut mempunyai ketetapan standar atas kualitas mata barang yang diproduksi, termasuk madu. adapun standar madu yang dapat dijual di negara tersebut adalah hampir tidak berwarna hingga coklat tua. 

Adapun sumber makanan untuk menghasilkan madu pun harus berasal dari nektar, selain dari sumber tersebut madu tidak diperkenankan untuk dijual kepasar-pasar dinegara tersebut.

Kejadian dengan berpalingnya sumber makanan lebah tersebut kepada limbah permen M&M memperberat masalah para peternak lebah di Timur Laut Perancis tersebut tepatnya di Kota Ribeauville yang dalam satu tahun lebah-lebah disana dapt memproduksi madu sekitar satu ton pertahun itu dengan tingkatan normal.

Sebelumnya mereka juga dihadapkan pada tingginya angka kematian lebah dan rendahnya hasil produksi madu akibat musim dingin yang berat.

kejadian Ajaib ini yaitu Lebah Menghasilkan Madu Berwarna boleh saja menjadi hal yang langka. namun kenyataanya kejadian ini telah dinyatakan dalam Al-Qurn sejak 14 abad silam. Bahkan Ibnu Katsir mengungkapkan dengan tegas terkait antara warna madu dan makanan sang lebah.
Dalam Surat An-nahl ayat 69 :

"...Dari perut lebah itu keluar minuman yang bermacam-macam warnanya, didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia, sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (Kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkannya."
Menurut Ibnu Katsir, Maksud dari ayat tersebut : " Dari perut lebah itu dikeluarkan minuman yang bermacam-macam warnanya," madu yang dikeluarkan nya itu bisa berwarna putih, merah, kuning, coklat dan sebagainya itu sesuai dengan warna makanan lebah tersebut, Subhanallah... maha besar allah dengan segala firmannya.


Sumber Artikel : http://adf.ly/ITodZ

Comments